Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Kalimantan Barat

Penerapan E-Legal Drafting Pada Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016

Pontianak – Pada tanggal 23 s/d 24 Maret 2016 Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat telah melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Hotel Best Western Kota Pontianak. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Maksud dari dilaksanakannya Kegiatan Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Tahun 2016 adalah untuk membangun kesamaan pemahaman, pandangan dan komitmen aparatur Pemerintah Daerah yang bertanggungjawab dalam Penyusunan Produk Hukum Daerah dalam penyiapan penyusunan Produk Hukum Daerah secara responsive, akomodatif dan benar sesuai Peraturan Perundang-Undangan. Sedangkan tujuan Kegiatan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum dilaksanakan adalah agar aparatur Pemerintah Daerah yang bertanggungjawab dalam Penyusunan Produk Hukum Daerah dapat mempersiapkan rancangan Produk Hukum Daerah yang responsive, akomodatif, dan bias menyelesaikan masalah serta dibutuhkan masyarakat dengan memperhatikan teknik penyusunan.

Adapun peserta dari Kegiatan Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Tahun 2016 berjumlah 45 peserta yang terdiri dari 31 Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan 14 Bagian Hukum Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Barat.

Narasumber pada Kegiatan Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi ini yaitu Bapak Belly Isnaeni, SH, MH dari Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan materi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Bapak Tana Mantiri, SH, MH dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan materi Kebijakan BPHN dalam Pembinaan dan Pengembangan JDIHN, Bapak Drs. Bachtiar, M.Si dari Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat dengan materi Pembangunan JDIH Biro Hukum Setda Prov. Kalbar Tahun 2016 dan Bapak Dhanny Perdana, S.Kom selaku konsultan IT Biro Hukum dengan materi Sistem Jaringan E-Legal Drafting.

Sistem E-Legal Drafting merupakan inovasi dari Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat dimana dalam penyampaian draft produk hukum daerah melalui sistem online, sehingga Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam menyampaikan Produk Hukum Daerah tidak perlu lagi datang ke Biro Hukum Setda Provi. Kalbar. Penyampaian Produk Hukum melaui sistem jaringan E-Legal Drafting ini mulai diberlakukan bulan April 2016, 

Foto